RESTRUKTURISASI PERJANJIAN KREDIT DALAM PERHATIAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA, TBK CABANG BANDAR JAYA UNIT HADUYANG RATU)

Ucok Parulianth Simamora

Sari


Bank memiliki fungsi utama sebagai lembaga perantara keuangan. Penyaluran dana yang tidak tepat akan menimbulkan kredit bermasalah. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan secara cepat, salah satunya dengan restrukturisasi kredit. Permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan dan analisis hukum serta akibat hukum restrukturisasi perjanjian kredit dalam perhatian khusus pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Bandar Jaya Unit Haduyang Ratu? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan untuk pengolahan data dilakukan dengan editing, coding, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan restrukturisasi perjanjian kredit dalam perhatian khusus dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu Prakarsa Restrukturisasi Kredit, Negosiasi dengan Debitur, Evaluasi dan Analisis, Putusan Restrukturisasi Kredit, Dokumentasi Restrukturisasi Kredit, dan Pengawasan Restrukturisasi Kredit. Analisis hukum restrukturisasi perjanjian kredit dalam perhatian khusus dilakukan sesuai dengan Pasal 29 dan Pasal 30 fUndang Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dan Pasal 1243, Pasal 1267, Pasal 1244 KUHPerdata. Akibat hukum pelaksanaan restrukturisasi perjanjian kredit dalam perhatian khusus adalah timbulnya konsekuensi batalnya perjanjian kredit awal yang telah disepakati, dan membatalkan segala hak dan kewajiban bagi BRI Unit Haduyang Ratu selaku kreditur dan Emi Rahayuni selaku debitur.

 

Kata Kunci: Restrukturisasi Kredit, Perjanjian Kredit Dalam Perhatian Khusus, PT. Bank Rakyat Indonesia, (Persero)Tbk.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



E-ISSN : 2598-3105 


CEPALO adalah jurnal yang diterbitkan oleh Magister Ilmu Hukum Universitas Lampung, dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.